Jumat, 16 April 2010

istilah-istilah dalam internet

1. Akses Dial-Up
Satu metode untuk mengkoneksikan komputermu dengan internet melalui ISP. Untuk melakukan akses dial-up, komputer harus dilengkapi dengan perangkat modem dan tersedia jaringan telepon.

2. Aplikasi Web Browser
Perangkat lunak yang dipergunakan untuk menampilkan halaman web yang tersedia di Internet melalui HTTP. Salah satu contoh web browser adalah Internet Explorer.

3. AOL
American Online adalah layana komersial yang menyediakan browser Internetnya sendiri.

4. ARPA
Advanced Research Project Agency adalah lembaga pemerintah yang membiayai penelitian ARPANET yang menjadi DARPA di tahun 70an.

5. ASCII
Data yang berbentuk huruf, angka, dan tanda-tanda baca.

6. Backbone
Jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.

7. Bandwith
Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz.

8. BBS
Bulletin Board System, yaitu sistem yang memungkinkan pemakainya berhubungan satu dengan lainnya melalui komputer, sehingga dapat mengambil atau mengirim file atau meninggalkan pesan ke pemakainya. BBS ini sebetulnya hampir sama dengan Internet.

9. BITNET
Because It’s Time Network adalah jaringan yang bukan TCP/IP untuk melakukan hubungan dengan universitas kecil tanpa kemampuan akses Internet.

10. Bps
Bit Per Second adalah satuan yang dipakai untuk menunjukan kecepatan pemindahan antar komputer.

11. Browsing
Metode untuk menjelajahi dunia Internet. 12. CIX
Commercial Internet Exchange adalah konsorsium perusahaan swasta yang melayani Internet.

13. Client-Server
Suatu bntuk arsitektur, di mana client adalah perangkat yang menerima layanan, yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer), sedangkan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server/mainframe).

14. CU-SeeMe
Aplikasi yang memungkinkan konferensi video pada internet.

15. Domain Name
Bagian yang membentuk IP address pada Internet.

16. Download
Aktivitas pengambilan data-data yang tersimpan dalam server layanan di dunia Internet. Data-data yang dapat diambil diantaranya dalam bentuk dokumen teks elektronik, file suara, gambar, video, dan nentuk-bentuk lainnya.

17. EDUCOM
Konsorsium institusi pendidikan yang bersifat nonprofit yang membantu memperkenalkan akses informasi elektronik dan manejemennya ke organisasi pendidikan.

18. HTML (Hyper Text Markup Language)
Format dokumen yang digunakan dalam WWW. HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di Intermet.

19. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Sebuah metode/protokol untuk men-download file ke komputer. Protokol ini berbasis hypertext, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.

20. Hyperlink
Link/sambungan ke sumber lain (dapat berupa file/halaman yang berbeda), biasanya digunakan dalam membangun sebuah web.

21. Hypertext
Dokumen online yang terdiri atas tukisan dan Gambar yang berhubungan dengan dokumen lainnya. Biasanya untuk melihat hubungan dengan dokumen lain, kita harus menekan tombol mouse pada tampilan layar.

22. Internet
Istilah umum yang dipakai untuk menunjuk network tingkat dunia yang terdiri atas komputer dan layanan servis/sekitar 30 sampai 50 juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, Gopher, FTP, dan WWW.

23. Internet Device
Alat canggih seperti komouter yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi/berinteraksi melalui internet, baik untuk surfing, mengirim dan menerima e-mail, bahkan untuk ber-chatting, baik menggunakan teks, suara, gambar maupun video, misalnya notebook, palmtop, handphone, dan Internet-TV.

24. Internet Service Provider
Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi ke Internet. Dengan memanfaatkan jasa ISP, kamu dapat mengakses Internert dari rumah/sekolah dengan membayar dalam jumlah tertentu

25. Internet Sharing PC
Sebuah komputer yang menyimpan banayk sumber daya seperti file, data, dan koneksi Internet yang dapat diakses oleh komputer lain yang terhubung ke jaringan.

26. IP Address
Alamat numerik unik dari sebuah komputer di Internet. IP address komputermu sama dengan nomor teleponmu sendiri dalam fungsinya.

27. Intranet
Sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi/perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

28. Kbit/s (Kilobits per Second)
Ukuran untuk transfer data/kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer mendownload informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data di dalam jaringan. Satu kilobit sama dengan 1000 bit.

29. Log In
Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.

30. Log Out
Keluar/menutup, sama artinya dengan Sign Out.

31. Mailing List
Sebuah forum diskusi di Internet dengan menggunakan e-mail. Satu pesan dari seorang anggota akan diterima oleh semua anggota.

32. Modem
Perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengubah sinyal data digital menjadi analog. Fungsi modem ini adalah untuk komunikasi dial-up yang menggunakan kabel telepon.

33. Multimedia
Suatu PC, sistem dokumen, dll yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film, atau lain.

34. Search Engine
Sebuah (fasilitas) web yang dapat mencari links dari situs lain.

35. Situs
Sebuah komputer yang terhubung oleh Internet dan menyajikan informasi/layanan, seperti newsgroup, e-mail, atau halaman web.

36. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Protokol komunikasi yang mula-mula dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS. TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga sejumlah data yang dikirim oleh suatu server dapat diterima oleh server lain. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut Internet.

37. WAP (Wireless Application Protocol)
Standar protokol untuk ap[likasi wireless (seperti yang digunakan oleh handphone). WAP berbasis pada standar Internet dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless, seperti kebutuhan kompresi data, long latency, dan keterbatasan bandwith, serta keterbatasan perangkat wireless. Desain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML (Wireless Markup Languange). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat wireess yang memiliki keterbatasan seperti diatas.

38. Webcam
Kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC. Kamera dapat digunakan untuk merekan klip video yang dapat dikirim melalui e-mail/untuk mentransmisikan gambar secara langsung di internet untuk keperluan video conferencing.

39. Web Server
Perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai untuk menyimpan dan mengirim dokumen HTML untuk digunakan dalam WWW.

40. Website
Suatu koleksi dokumen HTML pribadi/perusahaan dalam server web. Sebuah server web dapat berisi lebih dari satu situs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar